Tuesday, January 17, 2012

Jadi Penulis TOP BGT





Ups, mau bukti? Baca aja dulu! Eheheh. Aku aja baca kok. Yah, meskipun belom selese sih . Eh, tapi bener lho, buku itu bener-bener ‘buku penuntun’ yang pas buat kalian yang pengen banget nulis novel. Gak akan ada masalah tentang penciptaan karakter yang nantinya mau kamu masukin di novel kamu. Ulasannya lengkap banget! Dari bikin outline, gimana mengolah ide, memahami karakter yang dibuat, memutuskan penggunaan POV, dan sebagainya dan sebagainya. Khawatir takut gak sanggup baca? Tenaaaaang, bahasanya gampang dimengerti kok! Bakal ada contohnya jugak kalo nanti ada yang kurang dipahami. Jadi, penggarapan novelmu jadi lebih gampang deh!
Ehehe, garis besarnya, ini novel mau mengajak kita biar bisa nulis novel selama 60 hari. Dua bulan? Nulis novel dalam dua bulan? Iya! Kenapa enggak? Fahri Asiza aja bia kok nulis novel kurang dari dua bulan, kenapa kita enggak?
Oh ya, aku sih niatan awal nggak mau bikin review buku… cuma pengen sharing aja ke blogger laen, “Ini lho, ada buku bagus.”
Gitu aja.
Aku mutusin buat mbaca itu udah lama sih, sebenernya. Cuma yaaaa, kok ya baru sekarang sempetnya. Mau ga dibaca, sayang juga sih. Bagus-bagus gitu. Kasian juga yang bikin kalo gada yang mbaca bukunya #eh. Hoho.



"Untuk calon penulis novel yang menjejakan penanya di manapun, percayalah bahwa setiap goresan pena yang kita torehkan sangat bernilai dan memiliki makna terdalam di jenak kehidupan kita, maka menulislah."

Sebuah paragraf singkat yang memberi sengat dan harapan bagi setiap yang membacanya. Arul Khan, pengarang buku ini mampu memberi semangat kepada setiap orang yang membaca karangannya ini. Kesadaran bahwa setiap dari kita punya "power of writing", setiap dari kita mampu menghasilkan sebuah tulisan yang sempurna dari ide kita yang sederhana namun brilian.

Dengan sistemasi 2 bulan atau 60 hari, Arul khan, mampu menyihir setiap pembaca menuju keyakinan yang pasti akan kemampuan diri dalam talenta menulis. Tidak akan kita temui bab dalam buku ini yang akan kita lihat hanya pembagian langkah penting dalam hitungan hari yang semuanya total 60 langkah atau 60 hari.

Dimulai dari hal sepele namun merupakan penentu kita dalam penulis bahkan mungkin dalam apapun yang kita inginkan yaitu niat! Kita akan diajak terus menanjak, berlari menuju imaginasi tertinggi yang mungkin belum kita sadari menuju puncak kreativitas menulis dengan hati. Dengan komitmen pada hari pertama, jadwal management di hari kedua, mulai menulis di hari ketiga dan ide, sudut pandang, karakter, plot dan seterusnya merupakan langkah penting di hari berikutnya.

Di setiap langkah kita akan disuguhi motivasi dan hipnotis yang menyenangkan akan kemudahan dalam menjalankan tugas mulia ini, MENULIS! Arul khan menyadarkan kita bahwa menulis itu bukanlah suatu hal keramat yang hanya bisa dilakukan oleh mereka yang punya bakat, mereka yang punya darah penulis, namun, menulis merupakan panggilan jiwa secara alami yang menunggu kita untuk menjemput panggilan itu. Semuanya begitu mudah tanpa kita sadari semuanya begitu indah dalam alunan kenikmatan imagina si diri yang tida henti. Karena menulis adalah cermin dari diri.

Dengan bahasa yang saya yakin setiap orang bisa memahaminya Arul khan mampu mengalirkan keyakinannya, ide, dan motivasinya kepada setiap insan yang bernafas agar mampu menyadari "the realy easy to write". Dimulai dari hal sepele, Arul memberikan rambunya bagaimana agar kita mudah dalam menumbuhkan komitmen, menemukan ide, mengembangkan ide tersebut, serta bagaimana memanage semua ide yang sudah kita temui. Semuanya begitu gamblang tanpa beban, semuanya begitu mudah layaknya tanpa rintangan.

Setelah kita yakin terhadap kemampuan diri sendiri, Arul mengakhiri penuntunnya dengan motivasi penutup bagaimana kita mengembangkan novel menjadi hal terbaik. Bagaimana kita menghadapi fase terpenting novel yaitu masa di mana kita dihadapkan kepada tantangan "mengedit". Semuanya begitu mudah dalam proses pengendapan ini kita disuguhi tip n trik memanage waktu lenggang kita sebagai fase refrehsing n proses awal pengeditan yang baik. Semuanya begitu simple namun sangat mengena.

Bagi para penulis pemula buku ini rasanya wajib untuk diikutkan dalam koleksi bukunya

Other Indonesian Books
Other Layman Bokks
Download

No comments:

Post a Comment

Related Posts with Thumbnails

Put Your Ads Here!